Mobil di masa sekarang sangatlah diperlukan untuk aktivitas dan mobilitas seseorang, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Mempunyai kendaraan yang hemat bahan bakar, harga terjangkau serta performa yang bagus menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Tidak heran, setelah pemerintah mengeluarkan peraturan untuk mobil segmen LCGC, minat masyarakat terhadap mobil segmen ini pun meningkat. maka dari itu Honda juga terus berinovasi memproduksi mobil yang efisien namun tetap bertenaga. Tetapi, sebagian pengguna mobil masih merasa kendaraannya tetap boros walaupun sudah memakai mobil yang terbaru. selain faktor mesin kendaraan, cara Anda mengendarai dan merawat mobil pun sangat berpengaruh terhadap tingkat efisiensi bahan bakar.

Berikut ini tips supaya Anda bisa menghemat bahan bakar:

  1. Naikkan dan Turunkan Laju Kendaraan Secara Bertahap 
    Saat Anda ingin menaikkan kecepatan, jangan menekan pedal dalam-dalam secara mendadak karena konsumsi BBM akan lebih besar. Begitupun saat melakukan pengereman, dibandingkan mengerem mendadak lebih baik Anda melepas pedal gas dari jarak jauh sampai mobil berhenti dengan sendirinya.
  2. Usahakan Melaju dengan Kecepatan Stabil 
    Sebaiknya Anda melaju dalam kecepatan yang konstan, khususnya apabila mobil Anda dilengkapi tombol cruise control seperti Honda City, maka kendaraan akan melaju pada kecepatan yang sama tanpa perlu menekan pedal terus menerus.
  3. Gunakan Gigi yang Tepat 
    Hal ini berlaku untuk Anda yang menggunakan mobil bertransmisi manual. Apabila Anda menggunakan gigi tinggi untuk jalan menanjak atau menggunakan gigi rendah di jalan landai terus menerus, tentu membuat mesin bekerja lebih keras dari yang seharusnya dan berdampak pada konsumsi BBM.
  4. Tutup Kaca Kendaraan Anda Saat Melaju Diatas 60 KM 
    Mungkin Anda berpikir dengan memanfaatkan “AC alami” maka Anda dapat melakukan penghematan. Sebenarnya, hal ini hanya berlaku untuk mobil berkecepatan rendah karena ketika Anda berkendara dalam kecepatan tinggi, jendela mobil yang terbuka membuat angin yang kencang masuk kedalam kabin sehingga menghambat laju kendaraan, dan pada akhirnya membuat Anda menekan gas lebih dalam untuk terus melaju.
  5. Kurangi Beban yang Tidak Diperlukan 
    Prinsip mengendarai mobil kira-kira sama dengan Anda menarik gerobak. Ketika gerobak kosong maka beban menjadi lebih ringan dan Anda dapat menariknya dengan cepat. Namun ketika gerobak penuh dengan barang-barang tentu tarikan Anda akan lebih sulit karena beban semakin berat. Hal yang sama berlaku pada mobil, maka kurangilah menyimpan barang-barang berat yang kurang dibutuhkan.
  6. Manfaatkan Fitur Pendukung Hemat BBM di Mobil Anda 
    Ada beberapa fitur di mobil yang membantu Anda untuk menghemat bahan bakar. Di beberapa mobil Honda, misalnya, terdapat fitur ECON mode yang secara otomatis dapat mengubah sistem kerja mesin untuk efisiensi bahan bakar lebih maksimal. Sementara itu, terdapat juga fitur ECO assist yang akan memandu pengendara untuk menyesuaikan gaya berkendara sehingga lebih menghemat bahan bakar melalui tampilan combi meter ataupun lampu yang dapat berubah warna atau menyala ketika pengemudi sedang berkendara dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi.
  7. Lakukan Perawatan Secara Berkala 
    Mobil Anda tentu membutuhkan perawatan rutin agar kinerja mesin tetap optimal dan efisien dalam mengolah bahan bakar. Perawatan dapat dilakukan setiap bulan ke enam, tahun pertama, kedua, dan seterusnya.

Itulah tips agar mobil Honda Anda bisa lebih efisien dalam konsumsi BBM , semoga bisa bermanfaat.

Sumber: Honda Indonesia

Call Now
Whatsapp